KERUSAKAN LG SUPER SLIM 21 YANG BIKIN PUSING



catatan: boy paskand 2012.

Sudah umum bagi sebagian para tekhnisi elektronik yang seringkali kewalahan dalam meraparasi kerusakan bagian horizontal, apalagi dikarenakan kurangnya alat bantu reparasi seperti AVO meter atau yang sejenisnya.
Seperti kasus yang pernah saya alami pada tv LG SUPER SLIM 21 FL1RD ini. Menggunakan TR C6092 untuk horizontalnya yang sudah jebol.
Meskipun saya tak memiliki avo meter, akan tetapi belajar dari pengalaman yang ada, saya memutuskan untuk mengganti transistor horizontal beserta capasitor C12 n2000v yang berkemungkinan sudah kering daripada mengambil resiko kehilangan transistor yang baru saya pasang itu.
Setelah mengganti kedua komponen tersebut, tv menyala sa’at dihidupkan akan tetapi saya dapatkan TR horizontal cepat panas sedangkan layar kurang lebar. Saya mulai berpikir2 sejenak. Hingga datanglah sebuah ide yang saya peroleh dari sebuah atikel seorang teman blogger di dunia maya yang pernah mencoba mengganti capasitor c12n2000v dengan dua buah capasitor 6n2. Yang satu dipasang pada kedudukan semula, yang satu lagi di paralel dengan dioda dumper. Ketika dihidupkan, tv menyala dengan layarnya yang hampir sempurna akan tetapi ketika disentuh, TR horizontal masih cepat panas.
Berkali-kali sebuah pertanyaan datang menyelinap di benak saya, ‘apa penyebabnya’??. Kemudian saya periksa semua elco yang mencurigakan dan menggantinya dengan yang baru, tapi hasilnya tetap sama dengan yang semula. Hampir dua jam otak saya di peras untuk berpikir. Semua komponen sudah di periksa pada bagian blok horizontal, namun setiap komponen yang saya ukur dalam keadaan baik. Begitu juga dengan tegangan ke transistor horizontal, terukur normal dengan semestinya.
Apakah TR yang saya pasang ini bukan yang asli?, rasanya tidak mungkin karena TR ini saya dapatkan di tempat langganan saya yang bisa di percaya di pauh-pariaman sana. Sembari berpikir-pikir sejenak, mata saya tertuju pada sebuah TR horizontal TT2222 milik samsung yang tergeletak di sudut meja kerja saya. Timbul sebuah ide untuk mencoba memasang TR tersebut untuk menggantikan TR C6092 di PCB tv LG ini. Dan hasilnya sangat menakjubkan sekaligus mengherankan saya, tv menyala dengan normal dan tetap nyoos hingga 2 jam saya hidupkan.
Kenapa TR C6092 yang jelas-jelas adalah bawaan tv ini tidak bisa bertahan??.
Usut punya usut, ketika sang pemilik tv datang menjemput miliknya yang sudah saya perbaiki, ia menerangkan kalau tv nya ini sebenarnya sudah terlebih dulu di reparasi oleh tekhnisi lain sebelum saya. Akan tetapi cuman satu hari tv ini sudah rusak kembali dan di antarkan pada saya.
Kesimpulannya, berkemungkinan ada sebuah komponen yang di ganti oleh tekhnisi tersebut tak sama dengan nilai aslinya karna TV LG ULTRA SLIM terkenal dengan ketidak toleransi annya dengan komponen2 yang bukan bawaanya. Seperti yang pernah saya alami pada jenis tv yang sama sebelum ini. Pernah saya mengganti R tegangan dari B+ ke flyback yang berselisih tegangan 1v, akibatnya TV langsung protek. beda dengan LG ULTRA SLIM, TV akan menyala dengan normal setelah diganti dengan TR horizontalnya tampa terlalu memperdulikan resistor yang diganti berselisih tegangan 1v.



Komentar

  1. Mas bisa liat gambar c12n2000v itu yg kaya gimana ? Terus yg di pararelkan itu apanya ya ? Terimakasih

    BalasHapus
  2. Mas bisa liat gambar c12n2000v itu yg kaya gimana ? Terus yg di pararelkan itu apanya ya ? Terimakasih

    BalasHapus
  3. Tr c6090 banyak yang KW pakbro...

    BalasHapus
  4. Betul juga,,, tr c6090 sekarang banyak yang KW... tapi saya juga pernah nyoba TR punya samsung seperti yg pak boy tulis diatas,, hasilnya memang cocok seperti penuturan pak boy.

    BalasHapus
  5. Gmn cr nya mas mngatasi gambar bergaris2x ada kurang lebih 10 garis nya terlipat lg minta bimbingan nya saya masih pemula

    BalasHapus
  6. Gambar bergaris2x lurang lebih 10 baris, di bagian atas terlipat lg gambar nya bgmn cr mngatasi nya mohon solusi nya?

    BalasHapus
  7. Mas saya juga mendaptati rusak nya bagian horizontal tv ..saya nau menanyakan petihal transistor nya sangat panas ..apakah ada kemungkinan travo plybek nya short

    BalasHapus
  8. Mas saya juga mendaptati rusak nya bagian horizontal tv ..saya nau menanyakan petihal transistor nya sangat panas ..apakah ada kemungkinan travo plybek nya short

    BalasHapus
  9. Mas saya punya tv LG super slim 21inchi..

    Kerusakan awal tv mati total..
    Saya langsung mengganti STR w6554 dan TR c 6092 dengan kapasitor nya.. 123j2000v

    Tv langsung Hidup namun TR hor sangat panas dan akhirnya jebol..

    Kira" komponen apa lagi yg harus di ganti mas..??

    Thank's before

    BalasHapus

    BalasHapus
  10. Baru kemaren aq servis lg ultrasli 21 in,sudah habis 2 tr hor 6090,,,lalu aq ganti tr j6820l cabutan,,,,hasilnya tv aq coba lebih dr 3jam tr hor aman

    BalasHapus
  11. Apa penyebabnya tv lg super slim 21 in mati total led pun gk nyala waktu kita star bunyi nguuuung

    BalasHapus
  12. Malas baca..
    Gak pny avo meter tapi katany tegangan normal. Piye ki

    BalasHapus
  13. Saya mau tanya kalo untuk tv LG utra slim gambar aga kemerahan tv tidak bisa di remot dan gambar OSD untuk program muncul ke samping kiri

    BalasHapus
  14. Bos kalau yang mereknya bagus untuk sablon yang tt2222 itu pengganti kapasitor nya yang nomor berapa

    BalasHapus

Posting Komentar